Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate - Belum Berpengalaman Kerja


Seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan haruslah membuat surat lamaran pekerjaan yang khusus yang berbeda dengan surat-surat lamaran kerja pada umumnya. Jika anda seorang fresh graduated yang belum berpengalaman, maka contoh di bawah ini mungkin akan sangat membantu.

Malang, 15 Desember 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada:
Bapak/Ibu Staff Personalia
PT. Mulia Jaya
Jln. Ir Rais 20, Malang

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang bersumber dari harian Radar Malang tanggal 14 Desember 2017, bahwa PT. Mulia Jaya sedang membutuhkan karyawan baru untuk posisi Administrasi, untuk itu saya ingin mengajukan diri mengisi posisi lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut data diri singkat saya:

Nama : Irawan
Tempat, tanggal lahir : Banda Aceh, 10 Januari 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan terakhir : D-3 Administrasi Perkantoran
Alamat : Jln. Sulfat No. 30 Malang
Telepon : 0813 6574 3210
Status : Single

Saya lulusan baru dari Politeknik Negeri Malang di bidang Administrasi Perkantoran dengan IPK 3.70. Saya sudah terbiasa bekerja dengan komputer, senang bekerja mandiri maupun tim, memperhatikan penampilan dan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Rekam jejak pendidikan saya terbilang cukup memuaskan dan saya yakin saya mampu memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah D3
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Foto copy KTP
4. Foto copy SKCK
5. Foto copy Sertifikat Kursus
6. Pas Foto Terbaru
7. Daftar Riwayat Hidup

Demikianlah surat permohonan ini saya ajukan dengan harapan dapat terkabul hendaknya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Irawan

Format Surat Lamaran

Subjek Email: (Nama Anda) untuk (posisi)
(Catatan: Usahakan judul email tidak terlalu panjang tetapi tetap berikan informasi utama yang bisa menarik perhatian perekrut misalnya nama dan posisi yang sedang dilamar)

Yang terhormat (salam & nama)
Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar posisi Marketing Associate (bagian pemasaran) yang baru saja tersedia di perusahaan Anda.

Saya yakin dengan gelar saya di bidang Administrasi Bisnis (BSBA) jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ membuat saya siap menduduki posisi ini. Sebagai mahasiswa, saya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif.

Selama enam bulan saya melakukan magang di Departemen Pemasaran Perusahaan X, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target dengan bantuan alat analisis dan bagaimana menanggapi beberapa ancaman dari pesaing. Yang lebih penting lagi, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional berpengalaman yang mengajari saya cara mudah memahami konsep pemasaran yang kompleks dan pada waktu-waktu tertentu, bagaimana cara menghadapi dan mengatasi perbedaan untuk mencapai berbagai tujuan.

Saya menguasai sejumlah keterampilan yang dapat membuat saya mampu berbaur dengan tim dan membuat saya bisa berusaha mencapai tujuan bersama.

Prestasi saya yang paling membanggakan ketika magang adalah mengorganisasi pemasaran untuk produk yang baru diluncurkan. Saya saat itu mendapatkan tempat di GHI Shopping Mall dan kami terus melakukan eksperimen sosial untuk memperkenalkan produk baru. Kami mendapat tanggapan positif yang luar biasa dari para pembeli dan 50% dari mereka akhirnya membeli produk kami hari itu.

Selain itu, keterlibatan aktif saya dalam banyak kegiatan akademik dan ekstrakurikuler telah sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan saya, yang sangat penting dalam menemukan kesuksesan di dunia usaha.

Bersama dengan surat lamaran ini, saya melampirkan resume pekerjaan saya sebagai bahan pertimbangan Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau lamaran saya dan saya menanti balasan Anda sehingga kita dapat mendiskusikan lebih lanjut lamaran saya.

Dengan hormat,

(Nama Anda)

(Alamat email & nomor kontak Anda)