Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima


Saat anda sedang mencari pekerjaan, anda tentu harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Salah satunya adalah surat lamaran kerja. Surat ini adalah surat yang cukup penting karena sangat menentukan apakah anda akan diterima bekerja di tempat yang anda lamar atau tidak. Agar bisa diterima, sebaiknya promosikanlah diri anda sesuai dengan fakta tanpa perlu menambah-nambahi keahlian yang tidak anda miliki. Ini pasti akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima anda bekerja.

Bagaimana agar surat lamaran kerja anda diterima oleh perusahaan? Maka tulislah surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima oleh pekerjaan yang anda inginkan semakin besar. Ini karena banyak orang yang butuh pekerjaan tetapi lapangan kerjanya yang tidak memadai sehingga tingkat persaingannya semakin besar dan anda kemungkinan bisa mengalami kesusahan. Oleh karena itu, promosikan diri anda sebaik mungkin.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik supaya peluang anda diterima bekerja semakin besar?

1.Setiap ada lowongan pekerjaan pasti dipasang persyaratan yang dibutuhkan. Sebaiknya bacalah dengan baik persyaratan lowongan pekerjaan tersebut agar isi surat lowongan pekerjaan anda sesuai dengan yang diinginkan.

2.Surat lamaran kerja hendaknya ditulis dengan kata-kata dan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

3.Pakailah kata-kata yang singkat, padat, jelas, menarik serta mudah dipahami.

4.Surat anda tentu memiliki tujuan, bukan? Tulislah tujuan surat dengan jelas. Pastikan bahwa nama yang anda tuju jelas, beserta dengan gelar dan jabatan serta alamat perusahaan yang anda tuju.

5.Setelah surat lamaran kerja anda tulis, bacalah lagi surat tersebut dan pastikan tidak ada kesalahan ejaan ataupun ketikan. Pastikan pula surat anda telah ditulis dengan tata bahasa yang baik dan benar dan tidak ada kata yang diulang-ulang.

6.Entah diketik dengan komputer atau hasil tulisan tangan, pastikan bahwa kertas yang anda pakai benar-benar bersih. Tidak ada bekas tip-ex, bekas hapusan, terlipat atau kotoran apapun. Ini akan menambah nilai dari surat lamaran kerja anda.  Agar kertas tidak terkena kotoran tangan, maka alasi tangan anda ketika sedang menulis agar tidak ada kotoran ataupun lipatan pada kertas.

7.Jika anda menulis surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan, pastikan bahwa hasil tulisan anda bisa dibaca dengan mudah. Jangan menggunakan tulisan tegak sambung.
Lantas, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik?

Umumnya, isi dan cara menulis surat lamaran kerja sama saja untuk segala posisi dan jenis perusahaan.

Berikut langkah-langkah membuat surat lamaran pekerjaan:
  • Tanggal dan tempat penulisan surat
  • Nama, jabatan dan perusahaan yang dituju serta alamat lengkap perusahaan
  • Salam hormat
  • Kalimat pembukaan/pengantar
Bagian ini penting dalam surat lamaran kerja anda. Pada bagian ini, jelaskan dari mana anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang anda tuju entah berasal dari teman, internet atau media cetak. Sebutkan juga posisi yang ingin anda lamar dalam perusahaan tersebut.

  • Biodata
Tulis data diri anda secara lengkap seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor handphone atau nomor telepon, email dan pendidikan. Jika anda ingin menuliskan latar belakang pendidikan, tulislah latar belakang pendidikan anda yang terakhir.
Pengalaman kerja

Jika anda pernah bekerja, tulislah apa saja pengalaman pekerjaan anda sebelum anda melamar kerja di perusahaan tersebut. Jika belum pernah bekerja, tidak usah. Tulis juga kemampuan anda yang dibutuhkan dalam perusahaan ini.

  • Penutup
Pada bagian ini, tuliskan bahwa anda memiliki keinginan yang kuat agar diterima di perusahaan ini. Ucapkan juga terima kasih.

  • Lampiran 
Anda bisa mencantummkan lampiran seperti pas foto terbaru, CV, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, sertifikat, ijazah terakhir.

Akhiri dengan hormat saya lalu tambahkan tanda tangan dan nama lengkap anda.